Friday, July 4, 2014

Sharing Session : Kerja sambil Kuliah

Alhamdulillah kuliahnya udah selesai, jadi bisa share info siapa tau masih ada yang galau milih kerja aja, kuliah aja atau keduanya dijalani bersamaan wkwkwkwk.  FYI gw memulai kuliah di tahun 2010 di salah satu univ swasta, tepatnya bulan Januari 2010 dan baru selesai awal tahun 2014 kemarin. Kuliah ini gw jalani setelah pulang kerja, jadi dari pagi sampe sore gw gawe dulu baru setelah itu malemnya gw ngelanjut kuliah. Jam kuliahnya tiap senin - jumat start jam 19:00 - 21:00 dan untuk hari sabtu start dari jam 09:00 - 17:00. Kalo lagi ambil full, senin - sabtu pasti kuliah terus, tapi khusus sabtu tergantung jam-nya, yang jelas waktunya 2 jam/mata kuliah. jadi kalo ambil satu doang dan mulainya jam 11:00 berarti kuliah hari sabtu ya cuma hari sabtu dari jam 11:00 -13:00. Alhamdulillah sabtu kerja gw libur jadi cuma kuliah aja, itupun kalo lagi ngambil kuliah kalo gak ya hari bebas kendaraan lah #eh maksudnya hari bebas gw jalan-jalan :D.

Kok mulai kuliahnya bulan Januari ? kenapa gk fokus kuliah aja dulu baru abis itu cari kerja ? kalo di tanya fokus kuliah doang baru setelah lulus kuliah cari kerja ya gw sih mau bgt, cm gk mungkin juga malakin uang ortu trus buat biaya hidup gw. Karena gw kerja, jadi gw memilih untuk kerja sambil kuliah, makannya gw baru daftar pas bulan Januari 2010 untuk kuliah, karena dari juni s/d desember 2009 itu gw pake untuk melihat situasi, kondisi dan suasana kerja :D.

Mas, kerja sambil kuliah capek gak ?
Pasti itu, namanya memilih untuk kerja sambil kuliah itu udah termasuk konsekuensi yang harus diterima. Wong kita kerja doang atau kuliah doang aja capek apalagi dua-duanya dijalani berbarengan. Tapi karena memang sudah memilih itu, jadi harus di jalani. istiqomah lah sama pilihannya karena jaman sekarang kadang yang bikin mentok karir atau nego gaji (*halah hihihihi :p) justru di masalah pendidikan, kalo dari sisi skill and networking gw percaya deh mereka-mereka yang punya experience pasti lebih oke ketimbang anak fresh graduate (umumnya begitu, tpi gk semua yak). kalo di tanya enak gk kerja sambil kuliah, mending bahas enggak enak nya dulu aja yak (yang enak-enak itu belakangan aja kayak FTV #korbanftv :p).

 Kerja atau kuliah ?

Enggak enak-nya tuh kalo udah nyusun rencana mata kuliah yang mau di ambil, berhubung lagi banyak mata kuliah yang tayang dan blom di ambil + perkiraan kerjaan yang gak begitu banyak, akhirnya ngambil lah mata kuliah full day senin-sabtu gak ada libur, tpi pas udah di bayar dan mulai kuliah di minggu - minggu awal tau-tau muncul project atau business trip keluar kota #jeng-jeng, otomatis kuliahnya jadi enggak masuk dan repotnya lagi kalo pas project atau business trip itu di tanggal-tanggal kritis (UTS dan UAS) alamat surem dah bisa-bisa (-__-"). Sebenernya utk business trip masih agak aman karna cuma 1 minggu paling lama, tpi kalo project itu yg bahaya bisa 2 bulan.  jadi kalo lagi ada project, lebih baik memilih ambil cuti kuliah daripada kuliahnya terbengkalai dan uangnya keluar percuma (dan itu pernah saya lakukan ketika tahun 2011 harus cuti dulu karna ada project :D).

Selain itu ada lagi yang ngeselin pas kerja sambil kuliah, yaitu ketika udah jam 5 sore. Siap-siap mau berangkat ke kampus tau-tau ada telp dari anak-anak monitoring ngabarin kalo ada link yg down. ini paling ampun DJ deh, sangat-sangat tidak pas waktunya. Biasanya kalo udah begini alamat kgk jadi berangkat ke kampus karna case-nya kalo link itu mati pasti bakal lama kecuali kalo gangguan interference (dengan asumsi ketika ganti channel udah langsung OK) atau gara-gara power di shelter yg ngetrip baru deh itu aman hehehehe...kalo kejadiannya diluar dua itu, alamat ribet bin repot (-___-").

 Ngerjain tugas berjamaah :D

Enaknya kerja sambil kuliah itu (nah skrg masuk ke bagian enak-nya nih :D) bisa nego waktu troubleshoot (khususon yg udah senior and deket sama team dikantor :D). Jadi pernah ada satu case link-nya mati jam 5 sore #suram nih. Dikantor yang masuk cm gw sama senior satu orang, dan posisi gw saat itu lagi ada UAS. yowis gw bilang lah sama senior gw kalo ada UAS malem ini jadi boleh gak troubleshoot nya abis ujian selesai ? alhamdulillah boleh sama senior gw itu hehehe.. akhirnya gw prepare tools, driver + nyari cabutan satu orang (ini udah koordinasi sama pak bos departement gw :D) dan gw brangkat ujian ke kampus. begitu ujian selesai langsung balik ke kantor, janjian sama senior gw + driver langsung nyulik satu orang dari anak O&M buat bantuin dan brangkat lah ke TKP. Alhamdulillah gangguan solved pas jam 3 dini hari dan bisa pulang dengan tenang. itu troubleshoot yg paling gw inget karena troubleshoot itu menghasilkan link yg OK (result nya jadi sesuai sama target, sebelumnya link itu ada di kondisi kritis and tiap di troubleshoot gk pernah maksimal) dan troubleshoot itu merupakan case terakhir yg gw pegang karena setelah case itu gk lama gw mengundurkan diri :'(

Ternyata permainan troubleshoot after ujian kuliah atau troubleshoot di jeda dengan ujian kuliah bukan gw doang. Beberapa temen seangkatan juga pada suka kayak begitu *jangan di contoh yak, gk baik :D (kalo ketauan pak bos kantor berabe nih). Selain itu karena troubleshoot atau kerjaan yg lokasi dan waktunya mepet sama kuliah jadi kadang suka di anterin sama driver kantor (kalo yg baik ditungguin sama driver kantor kuliahnya) begitu selesai lanjut kerja lagi atau di anterin pulang (enak kan hehehehe :D).

Buka Bersama Kelas Karyawan
Selian itu, enaknya lagi kadang materi kampus sama materi kerjaan sama bahkan secara implementasi di lapangan atau how it works in real life mereka-mereka yang udah biasa pegang di kerjaan lebih sakti secara practice, cuma tetep yang namanya pendidikan teori itu penting dan teori sebagai dasar. Jadi teori dari dosen juga harus di dengerin yak, jangan merasa jago walaupun mungkin kita memang jago di bidang itu hehehehe selain itu kadang, kita yg kerja sambil kuliah sering dpt semangat dari orang-orang kantor. Justru kalo gak ngelanjutin kuliah atau kuliahnya lagi males malah di omelin sama temen-temen kantor yg senior :D.


Dunia Kampus Kelas Karyawan

Klo pergaulan kampus kelas karyawan pasti monoton yak mas ? cuma ngantor, dateng ke kampus, masuk kelas, dengerin dosen ceramah, selesai trus pulang. Itu sih tipikal anak karyawan yg gak mau membaur mungkin. Klo khusus kampus gw ini anak-anaknya alhamdulillah solid. Bikin group di facebook, milist email sama group whatsapp. group-group itu di manfaatin buat share informasi, terutama share tugas kuliah (jawabannya paling ditunggu nih hahahaha). Bahkan waktu kkp dan skripsi sampe bikin group lagi di whatsapp dibedain sama group kampus biar saling mengingatkan antara sesama peserta kkp dan skripsi biar bisa pada lulus bareng-bareng :D. Selain kegiatan kuliah, anak-anak karyawan juga pada ngadain buka bersama + jalan-jalan alias refreshing (bosen mamen kuliah trus apalagi klo udah matkul yang ngejelimet wkwkwkwk)


Rafting anak Karyawan di Citarik #edisigalau :p


Jam Kerja Reguler atau Shifting

kalo ditanya enak ambil kerja sambil kuliah dengan jam kerja shifting atau reguler sebenernya tergantung strategi masing-masing sih. pinter-pinter bagi waktunya aja. cuma kalo dari pengalaman pribadi (alhamdulillah pernah ngerasain yang namanya kerja reguler dan shifting) lebih enak jam kerja reguler, karna kalo kuliah malam selama gak ada lembur ya masih bisa masuk (alhamdulillah jarang lembur, jdi absen rata-rata 100% :D). Kalo shifting pasti dalam satu semester ada satu atau dua hari yang gak masuk kuliahnya karna bentrok antara jam kerja dengan waktu kuliah. Kadang bentrok itu bisa kejadian pas lagi UTS/UAS, nah kalo udah begitu mau gak mau tukeran deh sama temen (alhamdulillah lagi pas shifting temennya asik2). cuma kalo untuk jam kuliah biasa (gk ada UTS/UAS) dan harus masuk shift ya mau gak mau, gak kuliah dulu (masa tukeran shift terus, gak enak juga sama temen hehehe). Paling-paling apesnya klo lagi gak masuk kulaih biasa ya gak kebagian kuis aja karna kuis sifatnya kan dadakan tuh dan gak terjadwal. 

KKP dan Skripsi

Untuk KKP dan Skripsi kalo boleh saran mending ambil materi di kantor sendiri, terutama Skripsi. kalo KKP karna kelompok (max 3 org) bisa deh nebeng di kantor temen cm harus siap ijin sekali dua kali buat diskusi bareng sama pembimbing sana (formalitas sebenernya wkwkwkwk). Intinya kalo KKP di kantor temen, selama materinya kita ngerti gak harus belajar ke kantornya kok. Kita bisa ketemuan aja sebelum bimbingan, sharing cara kerja dll (ini gw banget ni waktu sama team satu kelompok :D). Alhamdulillah dulu KKP ambil di kantor temen, kantornya distributor perangkat dan ngebahas teknologi baru. Nah karena gw dan satu orang temen gw di operator dan punya perangkat dengan teknologi sejenis (beda merk aja). Yowis klo ketemu cuma sharing prinsip kerja dan cara pengetesan. Untungnya utk prinsip kerja dan cara pengetesan pun masih umum (standar telco lah, gk perlu alat test khusus :D).

Kelompok KKP gw ( ^ v ^ )

Untuk skripsi gw gk ambil materi di kantor, nebeng di kantor kakak gw dlu (skrg doi kgk disitu). Nah ini paling ribet menurut gw. Skripsi di kantor orang itu lumayan sering minta ijin ke atasan (maaf ya pak). Ijin mulai dari mohon minta penempatan riset ke user, ijin lagi ke HRDnya, trus ngambil data, bimbingan dan utk edisi ambil data + bimbingan itu gk cuma sekali dua kali, bisa beberapa kali. Makannya paling gk enak banget kalo skripsi di kantor orang, banyak minta ijinnya sama atasan. Alhamdulillah atasan gw orangnya asik, selama kerjaan gw rebes dan lgi gk ada tanggungan kerjaan dipersilahkan ngabur ke tempat riset dan karena gw juga orangnya gk enakan, pastinya setiap gw mau request ijin ke tempat riset semua kerjaan pun udah gw beresin, jadi insya allah ketika ngabur udah gk ada beban kerjaan pending lagi :D. Selain itu riset di kantor orang kalo gak kenal deket dengan orang-orang disana pasti rada kikuk dan canggung + mungkin beberapa data ada yg gak bsa dikeluarin karena menyangkut rahasia perusahaan. Alhamdulillah nya lagi, tempat riset gw walaupun bukan di kantor sendiri tapi gw kenal sama user-nya, mulai dari staff-nya sampe ke assman-nya, kebetulan itu semua masih satu almamter pas SMK jdi alhamdulillah lancar. Pokoknya big thanks buat orang-orang yg bantu gw ketika skripsi kemarin :D.

Rombongan skripsi, abis ngambil toga stay dlu :D

Total kuliah gw memakan waktu 4 tahun, sebenernya bisa 3.5 tahun. Tapi karena gw statusnya sebagai karyawan dan prinsip gw adalah karena gw bekerja maka gw bisa membiayai kuliah gw sendiri, jadi kalo ada kerjaan yang urgent pasti gw mendahulukan kerjaan gw baru kuliah (kalo gk urgent, masih bisa di pending dll ya gw kuliah lah tetep). Selain itu yang menghambat kuliah gw adalah di awal kuliah gw cuma ambil mata kuliah wajib doang, jadi per semester paling cm ambil 18-20 hihihi baru deh ketika beberapa temen barengan gw udah mulai kkp gw mikir, geblek bgt gw kmrn hahahaha (*baru engeh kalo diri sendiri rada-rada gk bener :D). Yaps, sekian sharing session dari gw. If you have any inquiries please don't hesitate to contact me. I will help you as much as i can, Thank you..

2 comments:

Nur Fitriyani said...

saya juga sedang kuliah sambil kerja, saya ambil D3 sekarang mau mau semester 5-6. Doakan yaa semoga tetap lancar studinya. Tetapi yang saya keluhkan jarak antar kantor (Lenteng Agung) dan kampus (jl. palatehan, Blok M) yang jauh. Alhamdulillahnya disini diperbolehkan karyawannya berkuliah. tetapi saya agak ga sanggup sama jaraknya. hhe mohon doanya agar bisa dapat perusahaan yang dekat dengan tempat kuliah dan lebih baik dari yang sekarang. kalau ada info perusahaan yang mengizinkan karyawannya kuliah. mohon diinfokan ke saya.
Thanks & Regards
Fitri

jngmins said...

Halo kak, Boleh minta alamat emailnya? Aku ingin bertanya banyak hal tentang pengalaman kakak ini.